Sisi Lain Kabupaten Banjarnegara, Rahasia di Balik Berbagai Musibah Yang Pernah Melanda

Sumber gambar: blog.f3vision.com

Tak banyak yang tau tentang kabupaten Banjarnegara. Mulai dari letak geografis, makanan khas, apalagi wisata unggulan dan sisi lain kabupaten Banjarnegara.

Kebanyakan orang tau nama kabupaten Banjarnegara hanya dari berita musibah yang menimpa. Seperti gempa 4’4 SR yang menimpa kecamatan Kalibening yang terjadi tanggal 18 april 2018 kemarin. Termasuk juga bencana tanah longsor di dusun jemblung kecamatan Karangkobar beberapa waktu lalu. Selain itu juga bencana tanah longsor yang terjadi hampir bebarengan dengan tsunami aceh. Bencana yang terjadi di dusun sijeruk itu juga pernah membuat nama kabupaten Banjarnegara di Ketahui halayak luas.

Wajar saja hal itu terjadi, karena memang mungkin, kabupaten Banjarnegara kurang memiliki daya tarik untuk di kenal masyarakat luas.

Tapi itu sebelum anda membaca tulisan ini. Dan setelah membaca tulisan ini, anda akan tau banyak hal tentang kabupaten Banjarnegara. Salah satunya sebagai kota kelahiran seorang penyanyi legendaris Indonesia.

Saya tidak memaksa anda untuk membaca, kecuali jika anda penasaran. Hehehe

Entah kenapa aku ingin menulis sedikit tentang kota kelahiranku kabupaten Banjarnegara.

Inilah beberapa fakta tentang kabupaten Banjarnegara

1. Sebagian besar daerahnya berupa pegunungan

Dengan mengetahui seringnya kabupaten Banjarnegara dilanda bencana tanah longsor. Anda pasti terfikirkan bahwa Banjarnegara memiliki letak geografis berupa pegunungan. Jika iya, hal itu memang benar adanya, sekitar 70% luas kabupaten Banjarnegara berupa pegunungan. Dan hal itu menjadikan 70% daerah tersebut menjadi daerah rawan longsor berdasarkan data dari BMKG

2. Banyak lokasi wisata pegunungan di kabupaten Banjarnegara

Jika berada di daerah pegunungan dan menjadi daerah rawan longsor saya anggap sebagai sisi negatif. Maka banyaknya wisata pegunungan saya anggap sebagai sisi positif. Dan bahkan sebagai berkah tersendiri bagi kabupaten Banjarnegara.

Salah satu wisata yang cukup terkenal di kabupaten Banjarnegara khususnya di kalangan masayarakat sekitar adalah:

A. Kawah tlaga warna

Tempat wisata di Banjarnegara
Sumber gambar: wokatravel.com

Kebanyakan orang mengetahui kawah tlaga warna adalah milik kabupaten Wonosobo. Hal itu tidaklah salah, tapi tak sepenuhnya benar. Sebab kawah tlaga warna yang berada kawasan dieng di kelola oleh dua kabupaten. Yaitu kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo. Secara administrasi, Dieng merupakan wilayah Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng (“Dieng Wetan”), Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Jawa Tengah. Ehekkkk 😁😁😁😁

Meskipun di kategorikan sebagai salah satu daerah terpencil. Nyatanya kawasan dieng sudah di kenal oleh turis mancanegara. Lebaran beberapa tahun lalu saya menyempatkan pergi kesana dan cukup banyak juga bule bule yang berwisata kesana.

Hal ini tidak lepas dari daya tarik keindahan alamnya. Dieng memiliki Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12β€”20 Β°C di siang hari dan 6β€”10 Β°C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 Β°C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Hayoo masa kalah sama bule? Bule aja udah nyampai sana masa kamu sebagai orang indonesia asli belum pernah? (Sambil promosi sedkit maksa) 😜😜😜

B. Kawah Sikidang

Nama kawah sikidang di ambil dari nama binatang bertanduk yang kita kenal dengan nama kijang. Kijang atau kidang dalam bahasa jawa. Apa hubungannya nama kawah dengan nama binatang.

Dinamai kawah Sikidang bukan tanpa sebab. Penamaan ini di dasari letak kawah yang suka berpindah pindah dari satu tempat ke tempat lain dalam kurun waktu tertentu. Perpindahan letak kawah bisa mencapai puluhan bahkan ratusan meter dari tempat semula. Karena perpindahan yang begitu jauh inilah, masyarakat sekitar menamai kawah sikidang. Karena perpindahannya serupa dengan lompatan kijang/kidang yang cukup jauh.

Ini cukup unik dan menjadi daya tarik tersendiri. Jarang sekali ada kawah yang letaknya berpindah pindah. Kawah ini pun tak kalah indah dengan kawah tlaga warna. Harga masuknya pun sangat murah waktu itu hanya Rp 5.000,-

Kawah sikidang juga memiliki cerita legenda tersendiri. Awal munculnya tempat ini tak lepas dari kisah sang putri dan seorang pemuda. Walaupun pun mungkin itu hanya cerita yang belum tentu benar. Tapi kisah itu tetap di yakini masyarakat sekitar sebagai sebuah kebenaran.

C. Kawah sileri

Sumber gambar: pemburufotoalam.wordpress.com

Nggak perlu di ceritakan panjang lebar dah pokoknya. Tak kalah indah dengan kawah kawah lain. Tapi ada sedikit bahayanya di kawah ini. Bahaya itu berupa gas beracun yang tidak berbau dan juga tidak berwarna. Tapi tidak perlu khawatir karena gas itu tidak keluar setiap saat. Dan jika gas itu keluar, pasti ada himbauan dari petugas bahwa tempat itu sesanh tidak aman untuk di kunjungi. Sebab pengelola sudah memiliki alat khusus untuk mendeteksi munculnya gas tersebut yang bekerja sama dengan BMKG setempat.

D. Candi Arjuna

Sebuah peninggalan sejarah berupa tunpukan batu yang membentuk sebuah candi nan indah. Saya belum menemukan banyak info tentang sejarah atau hal lain yang berkaitan dengan candi arjuna. Tapi, satu hak yang pasti keindahannya tak kalah menarik dengan candi candi lain di Indonesia.

E. Kebun Binatang &Taman bermain Seruling Mas

Ini sepertinya sudah cukup manstream ya, tak beda jauh dengan kebun binatang lain di luar sana. Saya kurang merekomendasikan untuk di kunjungi. Selain karena saya kurang suka dengan wisata kebun binatang, juga sepertinya kebun binatang ya seperti itu itu saja. Meski begitu setiap akhir pekan dan hari libur selalu ramai pengunjung. Tapi jika anda sekedar penasaran boleh lah. Hehehe

F. Surya Yudha Park

Bagi anda yang suka dengan wisata ala ala modern, surya yuda park bisa jadi alternatif. Khusus ini saya belum pernah berkunjung kesana. Selain karena baru di buka setelah saya pindah ke Purwokerto, saya juga kurang suka dengan wisata jenis ini. Di tambah biaya yang juga jadi kendala saya belum pernah kesana (bilang aja kere) hahaha

G. Waduk Panglima Besar Jendral Soedirman

Di resmikan pada masa presiden Soeharto. Merupakan salah satu waduk terbesar di Indonesia. Pernah menjadi wisata air yang cukup diminati. Namun sekarang mulai kurang peminatnya.

Itu tempat wisata di Banjarnegara

3. Tempat kelahiran petinju terkenal

Masih terjadi simpang siur mengenai tempat kelahiran asli Chris Jhon. Ada yang mengatakan Chris Jhon lahir di jakarta kemudian pindah ke Banjarnegara. Ada versi lain mengatakan Chris Jhon memang lahir di Banjarnegara. Tepatnya desa Gelang kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Terlepas benar atau tidaknya Cris Jhon lahir di Banjarnegara. Satu hal yang pasti Banjarnegara menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya petinju itu. Dan sebagai masyarakat Banjarnegara saya merasa bangga.

4. Tempat kelahiran penyanyi Legendaris

Mengutip dari wikipedia

Ebiet G ade lahir di Wanadadi, Banjarnegara. Sekitar 10-15 menit dari desa saya tanjungtirta.

Lahir pada 21 April 1954. Bliau merupakan anak bungsu dari 6 bersaudara dari pasangan Aboe Dja’far dan Saodah. Ayahnya seorang PNS, sedangkan ibunya adalah pedagang kain. Ebiet hanya bersekolah sampai SMA karena keterbatasan biaya.

Nama Ebiet G. Ade sendiri diambil dari pengalamannya saat kursus Bahasa Inggris, sang guru yang merupakan orang asing kesulitan memanggilnya β€˜Abid’ Ghoffar. Dengan logat bulenya, Abid selalu dipanggil Ebiet karena dalam Bahasa Inggris β€˜A’ dibaca β€˜E’.

Lama-kelamaan nama tersebut menjadi melekat dalam dirinya, teman-temannya pun mulai terbiasa memanggil dengan nama Ebiet. Singkatan G. diambil dari nama keduanya yaitu Ghoffar, sedangkan β€˜Ade’ adalah inisial nama
ayahnya β€˜Aboe Dja’far. Awalnya di tulis Ebiet G AD namun seiring berkembangnya waktu berubah menjadi Ebiet G ade.

Itulah beberapa hal menarik yang saya tau tentang kabupaten Banjarnegara.

Kapan kamu berwisata ke salah satu tempat wisata di atas?

Hehehe

Iklan

66 respons untuk β€˜Sisi Lain Kabupaten Banjarnegara, Rahasia di Balik Berbagai Musibah Yang Pernah Melanda’

Add yours

  1. Bapak saya asli banjarnegara, saya pernah sekali berkunjung ke sana, tapi belum pernah secara sengaja berwisata apa lagi sekarang tinggal diluar kota, pengin tuh wisata ke ke banjarnegara.

    Disukai oleh 2 orang

      1. Kalau nggak salah, di Wanayasa mas, kakek saya dr Wanasepi, itu juga kalau saya nggak lupa, terkhir kesana 2012 kayaknya.. Kemarin pada kesana aku nggak ikut, sudah di banten

        Disukai oleh 2 orang

    1. Klo fasilitas seperti penginapan ada walau tidak seperti kelas bintang lima.

      Untuk sinyal lumayan stabil dalam kondisi normal. Tentunya tergantung keadaan masing masing provider. Sekedar saran klo pengin lebih nyaman urusan sinyal pke TELKOMSEL.

      Ini khusus yg wisata pegunungan.

      Klo sperti suryayuda park dan kebun binatang sinyal tudak di ragukan lagi karena lokasinya di tegah kota..

      Itu info sepengetahuan saya. Mbak

      Terimakasih sdh berkunjung.

      Disukai oleh 1 orang

    1. Iya mas/mbak ini hehehe. Meski aku nggak tau masa kejayaan ebiet tp aku suka beberapa lagunya.

      Dan aku juga baru tau klo ebiet orang banjar juga belum lama. Setelah aku diberi tau teman. Awalnya juga aku nggak percaya, tapi setelah searching di google tenyata bener. Dan aku yakin itu karena aku baca dr wikipedia

      Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: