Curahan Hati Bloger Gaptek

Hampir bisa dikatakan mustahil kalau ada bloger yang tidak bisa mengoperasikan computer/laptop. Dan jika aku bilang, bahwa sampai detik ini. Aku belum bisa mengoperasikan computer, sementara aku sudah punya sebuah blog. Meski sepi pengunjung 😂😂😊😂😛😛😛😛

Dan aku rasa 99,99% orang yang membaca tulisan ini tidak akan percaya. (Jika ada yang baca) hehehe

Sebatas informasi, sebelum menikah dan tinggal di Purwokerto, aku itu cuma anak desa hidupnya di lereng gunung. Jauh dari kota, sekolahku cuma lulusan SMP. Pada saat aku sekolah belum ada pelajaran komputer. Kalau sekarang katanya si di tempat aku sekolah dulu sudah ada pelajaran komputer.

Sempat kepikiran buat kursus komputer tapi belum sempat terlaksana. Terkendala waktu dan dana hahahaha

Aku tidak tau. Apakah aku sedang merasa bangga? menyombongkan diri? Atau malah sedang membuka aib sebagai orang gaptek, dan ketertinggalan ku dijaman yang serba computer. Hihihi

Awalnya aku tidak pernah terfikir untuk menjadi seorang bloger. Jangankan terfikir menjadi bloger, tau apa itu bloger saja tidak pernah. Kayaknya ini hampir sama kayak para stand up comedian atau komika. Kebanyakan atau mungkin semua stand up komedian tidak pernah punya cita-cita untuk jadi stand up comedian. Soalnya pas mereka kecil belum ada 😂😂😂 (Katanya gitu)

Ngomong-ngomong pede banget aku ngaku-ngaku sebagai bloger hehehe. Kayak udah jadi bloger terkenal saja. Nggak tau juga, aku sudah layak mendapat predikat sebagai bloger apa belum. Kayaknya si masih jauh dari kata layak. Tapi tak apalah karena memang aku masih dan harus terus belajar.

Awal mula aku mengenal istilah bloger ketika aku merantau di Semarang. Saat itu aku mau beli hp baru. Temanku menyarankan beli hp yag sudah ada internetnya. Katanya kalau hp sudah ada internetnya bisa buat mencari informasi apa saja. Waktu itu kayaknya belum begitu ramai hp android atau mungkin belum ada. Jadi aku masih pakai hp java apa simbian gitu lah kurang paham.

Singkat cerita, aku sudah beli hp. Sampai rumah, temanku yang bernama toni mengajariku bagaimana cara membuka internet dari hp. Sejak itu aku mulai mencari tau apa yang ingin tau melalui internet dari hp. Dengan susahnya membuka internet di hp pada saat itu. Karena masih jarang sekali situs situs yang ramah ponsel. Atau hp ku yang terlalu jadul. Hehe

Awal aku mengenal internet, aku berfikir bahwa tulisan yang ada di interet itu cuma milik satu orang atau satu perusahaan. Entah itu facebook twitter dan tetek bengek. Mulai dari artikel berupa informasi maupun tutorial tertentu. Tanpa ada campur tangan orang biasa seperti artikel para bloger. Sampai akhirnya ada hal yang membuat ku penasaran. Setelah beberapa kali mencari tau tentang sesuatu lewat internet. Setiap kali membuka artikel kok ada tulisan misal blog bakul cipir, blog wong ndeso ada lagi blog kecoa ngesot, Lan sak kapurantosipun

Dan sejak saat itu aku bertanya keras. Jan jane sing nulis neng internet kue sapaaaaaa….????? La kok keceplosan pakai basa jawa ngapak. 😂😂😂

Kayaknya sangat tidak mungkin kalau tulisan di internet itu cuma milik satu perusahaan saja. Masa perusahaan kasih nama kecoa ngesot misalnya. Kayaknya kok nggak menjual banget. Dari situ aku mulai berfikir bahwa tulisan di internet itu tidak mungkin hasil karya satu perusahaan saja. Sampai akhirnya saya tau bahwa tulisan di internet itu, ada campur tangan orang-orang biasa. Seperti nama nama yang menurutku aneh itu.

Karena penasaran itu aku menuliskan di kolom pencarian dengan kata kunci “cara jadi penulis di internet” disitulah ketemu tutorial cara menjadi penulis di internet. Caranya harus punya website atau blog. Dari situ aku mulai tau istilah blog, bloger website link dan segala tetek bengek.

Lalu setelah tau beberapa istilah itu. Mulai mencari tau bagaimana cara membuat blog. Namun sayangnya, setelah tau cara membuat blog. Justru menjadi awal nyali ku ciut dan membuat aku harus mengubur dalam-dalam keinginanku untuk membuat blog dan menjadi bloger.

Bagaiaman tidak? Cara untuk membuat blog harus punya email dan lain-lain yang hanya bisa dilakukan melalui pc. Sementara aku hanya punya hp jadul. Sebenarnya saat itu ada juga hp yang sudah bisa digunakan untuk membuat email. Tapi apa daya hp ku terlalu canggih. 😜😜😛

Selang beberapa bulan aku ganti hp yang sedikit lebih bagus dari sebelumya. Masih penasaran, aku mencari tau adakah cara membuat blog dari hp. Ketemulah sebuah tutorial untuk membuat blog dari hp termasuk membuat email. Akhirnya mendaftar Kalau nggak salah MyWapBlog. Sempat jadi dan menulis 4 atau lima artikel berupa cerpen. Namun sayang baru membuat beberapa artikel hp ku rusak. Dan agak lama baru bisa beli hp lagi.

Sejak saat itu aku sama sekali tidak ada niat untuk memiliki blog lagi. Bahkan setelah maraknya smartphone berbasis android ssperti sekarang ini. Dimana hampir semua urusan internet bisa diakses dan dijalankan hanya menggunakan hp. Awal aku mengenal hp android sampai kemarin-kemarin, malah hanya sibuk untuk bermain game dan sosial media.

Barulah awal tahun 2018 kemarin, karena sudah merasa sedikit jenuh bermain sosial media. Kembali terfikirkan untuk memiliki blog. Akhirnya sekitar bulan januari atau februari aku membuat blog. Dengan berbagai pertimbangan dan review di google, aku memilih wordpress sebagai tempat bernaung.

Tapi ternyata setelah membuat blog bingung juga mau nulis apa? Agak lama setelah blog ini aku buat aku biarkan kosong. Karena nggak ada ide apa yang mau di tulis. Mungkin sekitar 1 atau 2 minggu blog ini aku biarkan kosong. Sebab aku merasa, tidak punya keahlian khusus yang bisa aku tuangkan dalam sebuah blog.

Namun rupanya, ide bisa datang darimana saja, termasuk dari seekor cicak. Binatang yang sangat aku takuti justru menjadi inspirasi pertama ku untuk mengisi blog ini. Ada 2 binatang yang sangat aku takuti di dunia ini selain binatang buas, yaitu cicak dan kecoa. Mungkin bisa dibilang aku pobia cicak dan kecoa.

Kembali ke cicak yang menjadi inspirasi tulisan pertamaku di blog ini yang berjudul Nrimo Ing Pandum. Awalnya aku melihat cicak di dinding diam diam Merayap datang seekor nyamuk happpp lalu di tangkap… Lhoooo kok jadi nyanyi? 😂😂😂

Setelah melihat cicak itu, aku teringat ceramah kiyai gokil yang cukup kondang bernama Anwar Zahid yang aku tonton di youtube. Dalam ceramahnya dia berkata bahwa cicak adalah salah satu contoh binatang yang memiliki sifat nrimo ing pandum (Qona’ah). Lalu aku tulis saja.

Setelah itu lama tak menulis, karena tak kunjung mendapatkan ide. Namun ketika membuka facebook sedang ramai tentang berita pelakor. Akhirnya aku putuskan menulis opini. Berupa pendapat pribadi mengenai maraknya kasus pelakor. Siapa yang paling bersalah jika suami di rebut wanita lain? Apakah pelakor 100% salah?

Kemudian postingan selanjutnya berisi catatan harian seperti berjudul Bahaya buruk sangka. Ini kejadian yang aku alami ketika bekerja di sebuah proyek di kawasan Delta Mas Cikarang. Aku hampir menuduh seseorang mencuri seandainya aku tidak menahan emosi. Selain itu ada beberapa postingan bertemekan anak.

Dan tulisan terakhir ku pun masih tentang anak. Ini sebatas catatan harian dan pendapat pribadi berdasarkan pengalaman dan pengamatan terhadap anak saya sendiri. Dan saya beri judul 4 alasan kenapa balita perlu diberi hukuman sesuai isinya. Berisi 4 alasan kenapa balita terkadang perlu di beri hukuman.

Sepintas seperti menyelisihi pendapat para ahli. Dimana para ahli pada umumnya tidak menyarankan untuk menghukum anak. Namun jika di baca secara seksama, sebenarnya tulisanku sama sekali tidak menyelisihi pendapat para ahli.


Itulah curahan hatiku sebagai seorang bloger gaptek. Yang juga sedang belajar menulis.

Terkadang ingin belajar mengoperesikan pc di warnet secara otodidak tapi takut salah pencet dan menyebabkan error kan malu. Hahaha

Barang kali kamu yang baca tulisan ini mau memberikan sumbangan pc/laptop sekaligus tutorialnya hahaha ngarep.

Bilang “NGAREP” kalau yang baca mas abdul jalil atau mas slamet junianto bisa bisa di jawab mburi.😁😁😁😁

Iklan

92 respons untuk ‘Curahan Hati Bloger Gaptek’

Add yours

  1. gpp mas gaptek, kan dah banyak yang pinter.. kita tinggal tanya aja kepada mereka yang paham.
    aku dulu juga tidak pernah kursus komputer sama sekali, modalnya hanya pinjam laptop teman aja, lama-lama juga bisa, aku belajarnya karena butuh, misalkan aku pengen bikin tulisan Keripik Pisang Enak gitu, maka langsung belajar apa aja yang harus dilakukan.

    luar biasa bener Internet an pake java n symbian.

    Semangat terus ya mas yaa, tulisan nya bagus, berurutan, jika terus menerus menulis, aku yakin masnya nanti akan jadi luar biasa

    Disukai oleh 2 orang

    1. Makasih atas suport dan dukungannya.. Semoga membuat saya lebih semangat lagi untuk belajar menulis.

      Dan kalau boleh selain suport saya juga mengharap kritik dan sarannya. Mulai dari tampilan blog gaya penulisan penempatan kata dan penerapan bahasa. biar saya tau kekurangan dan kesalahan saya. Agar bisa menjadi lebih baik.

      Matur suwun sanget. Dan tidak lupa saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung. 🙏🙏🙏

      Disukai oleh 1 orang

      1. oh iya mengenai error, komputer itu akan aman asal jangan memencet tombol Delete.
        kalai error tinggal matiin lagi komputer nya, nyalain.. dah beres, pulih sendiri.

        Nulis aja terus lah mas, ga usah dipikirin

        Disukai oleh 1 orang

  2. Sama mas, saya dulu pertama ngeblog juga di mywapblog. Penuh kenangan tuh dulu karena pake hape nokia java 😂😂

    Saya belajar komputer pas SMP mas itu juga cara ngetik dan gak banyak prakter, jadi awal SMA saya juga masih gaptek, sampe ke warnet pun cuman ngikut2 ke bilik teman aja, karena gak berani sendirian takut salah pencet. Wwkkwk

    Tapi lama kelamaan lumayan tahu si mas jadinya, sampe alhamdulillah punya kesempatan buat laptop sendiri.
    Tapi ngeblognya tetep di hape sih. Hhaaa

    Mas dah jadi bloger kok, saya malah suka sama gaya tulisan mas, mengalir dan tertata, saya malah kadang sering blank kalo nulis. Hasilnya beda dengan apa yang mau ditulis. Wkwkw

    Kalo saran, mungkin mas harus lebih konsisten mau pake “aku” atau “saya”. Hhee

    Disukai oleh 2 orang

    1. Klo dulu saya sukanya hp sony ericson jahaha…

      Jahahaha bloger, mungkin dah kali ya? Tp jdi bloger yg bener mungkin belum hahahaha…

      Klo soal ngeblog saya juga sering ngebleng bukan kadang lagi. Nemu ide pas diketik kayaknya gk pas sama yg di angan angan 😜😜😜😛😛😛

      Suka

      1. Duh, dlu sony harganya mahal. Sama gak suka ma joystiknya yang sering rusak.

        Lah, bloger yang bener yang kayak gimana emang mas?
        Selagi kita menulis sesuai kata hati, dan yang penting tak menebarkan hoax atau ujaran kebencian ya dah bener mas. Hhheee

        Yo maz, mung tulisane enak ngono mas wacane.

        Disukai oleh 1 orang

        1. Nggak tau juga bloger yg bener kayak apa. Hahahaha

          Iya bener banget klo sony emang rata rata joysriknya cpt rusak. Mahal ya klo belinya yg mahal, aku mah belum mampu beli yg mahal. Hahahaha

          Mbuh nulis apa sing penting nulis. 😁😁😁

          Suka

          1. Yang pnting nulis hal positif aja mas, kalo saya malah lebih nulis hobi saya yang emang suka denger musik.

            Dlu seri W yang sya seneng, tapi smpe sekarang gak kesampean beli

            Disukai oleh 1 orang

    2. Klo pakai aku atau saya itu kadang masih tanpa di sadari. Tergantung kalimat. Kadang kala kepala pengin nulis saya tapi jari jari nulisnya aku. Begitu sebaliknya. Hahahah btw makasuh sarannya mas

      Suka

  3. Sudah blogger kok mas, kan sudah mempunyai sebuh blog.
    Tulisannya mengalir, nulisnya dr hati.
    Keren lagi nulis postingan sepanjang ini dr hp, saya kalau menulis lewat hp, jari serasa jempol semua, yg dipencet apa, huruf yg tertulis apa 😥

    Semangat mengisi blognya dengan tulisan.

    Disukai oleh 3 orang

  4. Saya selalu kagum sama orang yang update blog pake hape, karena saya pasti wis misuh misuh dewe karena ora sabaran.

    Tetep menulis. Tetep semangat.

    Terus berkarya.
    Merdeka.
    Mugo2 besuk diparingi laptop.

    😆😆😆😆

    Disukai oleh 3 orang

    1. Hehehe ampun misuh misuh mbak momo.

      Menulis pakai hp bukan sebuah pilihan tapi tuntutan keadaan bagi ku mbak. Tapi kalau di syukuri lama lama enak juga. Hehehe kalau nunggu punya laptop baru nulis, kapan aku nulisnya?

      Terimakasih sudah berkunjung mbak momo.

      Suka

          1. Saya pikir yang nulis udah enjoy pas nulis (((ya nggak?)))

            saran saya mungkin nanti bisa lihat-lihat KBBI untuk penggunaan kata yang baku. Misal, fikir itu kata tidak baku dari pikir.
            Segitu dulu ya Mas. Hehe 😄😄😄

            Disukai oleh 1 orang

  5. Waaah, begitu penuh perjuangan ternyata sampai akhirnya ngeblog di wordpress.
    Gapapa Mas Gaptek, yang terpenting ada niatan untuk selalu belajar. Umur ga masalah mau sebanyak apa, yg pnting semangatnya. Mas Juman bloger kok. 😊

    Semoga nanti ada sepaket komputer turun dari langit. Lah.. 😂

    Disukai oleh 2 orang

  6. Kita sama-sama gaptek mas, hanya bedanya mas Juman masih muda jadi gampang paham kalau belajar, beda dengan saya yg sdh berumur kalau belajar susaaahh pahamnya. Bikin blog saja dulu minta tolong anak untuk bikinnya, tapi kalau bikin email alhamdulillah bisa sendiri sih, tapi proses belajar komputer dan bisa ngenet butuh waktu juga.

    Setahuku tak ada batasan bloger seperti apa, ygpenting punya blog ya disebut bloger

    Disukai oleh 3 orang

    1. Waaaah brti saya punya teman yg senasib hehehehe..

      Tua atau muda sama saja sebenarnya. Asal ada niat dan usaha pastu ada jalan. Beda sama tukang parik harus ada jalan dulu baru ada usaha. 😁😁😁🙏

      Bukannya semua orng juga berumur? Umurnya berapa? Hihi

      Disukai oleh 1 orang

    1. 60+ kan sama balasan komen ku juga mas jd klo murni komen pengunjung/teman bloger gk samlai segitu.

      Lagipula komen dan like bukan berarti data statistiknya tnggi. Hehe

      Terimakasih sudah berkunjung mas

      Suka

          1. Cara bedainnya ngga tau juga sih.. 😅 tapi content blog mereka kadang ngga lazim dan artikel cuman 1-2. Mungkin cuman iseng klik follow abis itu ngilang.

            Disukai oleh 1 orang

  7. semua sama ko pak juman, termasuk saya pun begitu .. semua baik di kalangan master blogging, master komputer dulunya sama-sama bingung untuk mengoperasikan komputer hanya saja memang mungkin beliau” dapat penghasilan dari hasil kerja kerasnya atau mungkin yang di mulai dari ke isengan sudah mendapatkan pundi” rupiah dari sebuah blog nya .. termasuk pak juman pun nanti akan seperti itu, jadi jangan lah hanya mengurungkan niat menjadi blogger harus dan wajib memiliki pc, saya dulu memakai handphone saat pertama membuat blog di blogger, semenjak mungkin karena kesan nya tampilan dari si blogspot tersebut kurang greget ya makanya ratusan artikel yang pernah saya buat bahkan artikel perdana saya lenyap semua setelah saya berpindah ke sini (wordpress) .. tapi jika masalah mempunyai laptop/ pc .. mmm saya doakan lah semoga pak juman setelah berkarya membuat blog di wordpress siapa tau bisa kebeli laptop sekaligus kebeli domain dan hosting atau bahkan rumah ? kita ga tau juga pak rezeki sudah ada yang ngatur hanya saja jangan terpaku karena uang, biar hobby ini yang menjawab dan bahkan bisa di lain waktu karya blog pak juman ini akan dilirik oleh pengiklan dan akan menjadi sebuah penghasilan nantinya .. hehehe

    Disukai oleh 2 orang

    1. Terima kasih atas suport dan dukungannya mas. Kata kata sampean sangat menginspirasi. Terima kasuh juga atas doanya.

      Soal punya pc/laptop itu hanya curahan dan harapan kecil sekaligus buat melatih saya dalam menulis saya di blog ini. Untuk ngeblog bisa menghasilkan saya rasa hampir semua bloger ingin seperti itu. Tapi untuk ukuran orang seperti yang masih sangat pemula. Kayaknya masih terlalu dini untuk berfikir kesana hehehehe. Takutnya nanti malah membuat saya berhenti menulis karena terlalu fokus pda penghasilan.

      Terima kasih sudah bekunjung, dan salam kenal mas. 🙏🙏🙏

      Suka

  8. semua sama ko pak juman, termasuk saya pun begitu .. semua baik di kalangan master .. dan saya doakan semoga pak juman setelah berkarya membuat blog di wordpress ini siapa tau bisa kebeli laptop sekaligus kebeli domain dan hosting atau bahkan rumah ? kita ga tau juga pak rezeki sudah ada yang ngatur hanya saja jangan terpaku karena uang, biar hobby ini yang menjawab dan bahkan bisa di lain waktu karya blog pak juman ini akan dilirik oleh pengiklan dan akan menjadi sebuah penghasilan nantinya .. hehehe

    Disukai oleh 2 orang

  9. Saya tau hape dari belajar otodidak,
    Komputer juga otodidak
    Ngeblog juga otodidak
    Kalau membaca menulis sih diajari guru.
    Jadi urusan blogging dan internet sepertinya kita 11-12 🙂

    Suka

  10. Wah, lumayan pnjng curhatnya. Curhat seorang bloger yg menyebut gaptek, tp bgus kok saat bernarasinya: ngalir gitu.

    Meskipun scra pnulisan msh ad yg gak sesuai scra kaidah Bhs. Indonesia yg baik, tp tak ap, seiring wktu psti berproses kok. Bg sy, yg mas lakukan lwat ngeblog itu sy anggap sdh hbat. Dan sy jg salut, meski msh mngaku newbie, tp nulis kata bloger itu udah sesuai Bhs. Indonesia. Kbnyakan bloger yg udah senior pun kdang msh sring kliru nulisnya (blogger).

    Smngat nulis mas. Senang bca tulisan2 Anda.

    Disukai oleh 1 orang

      1. Utk pnulisan kata kerja pasif itu jngn lp spy sllu digabung. Nama bln, tempat jg pkai huruf kapital. Tp mungkin bkn krn mas gak bs sih, lp aj kli.

        Klau sy, sblum rilis tulisan hrs berusaha dicek ulang, wlau kdang jg msh ad yg typo..

        Disukai oleh 1 orang

        1. Untuk kata kerja pasif udah di ingetin juga sama bloger lain tp kadang lupa 😂😂😂

          Klo untuk penulisan yg pke huruf kapital masih agak kurag paham apa saja. Klo buat nama orang yg lebih dr satu kata itu gimana? Misal Abdul Jalil atau Abdul jalil?

          Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: