6 Bloger Yang Berperan Dalam Perjalanan blog ini

Menurut saya bloger pemula itu sangat membutuhkan peran bloger senior atau setidaknya orang yang lebih dulu terjun di dunia blog.

Itu pernyataan pribadi saya, anda tidak harus setuju. Tapi setuju apa nggak, saya akan tetap melanjutkan menulis tentang pendapat saya ini. Hehehe maksa banget.

Ini sebatas untuk mengisi blog yang agak lama tidak terisi oleh artikel baru. Seperti kebanyakan bloger pada umumnya. Kalau lama tidak menulis, biasanya akan menuliskan alasan kenapa dia tidak menulis dalam kurun waktu tersebut. Dan alasan klasik yang memang sudah menjadi andalan para bloger biasanya alasan sibuk atau tidak ada waktu. Seperti saya saat ini.

Semenjak memasuki bulan suci ramadhan ada aktifitas yang membuat aktifitas ngeblog saya sedikit terganggu. Alhasil tidak bisa mebuat artikel baru di blog ini. Walaupun kebanyakan artikel di blog ini belum bisa memberikan manfaat bagi pembaca karena hanya berisi curhatan dan opini dan kegiatan sehari-hari saya. (Kayak ada yang baca saja) πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

Tapi saya merasa berdosa membiarkan blog ini terbengkalai. Aahh lebay banget

Sebeneranya alasan kesibukan itu hanya secuil, jika dibandingkan kenyataan mengapa blog saya itu tidak di update dengan artikel baru. Sedangkan alasan utamanya adalah minimnya kemampuan saya menemukan ide untuk membuat sesuatu menjadi sebuah artikel di blog. Apa anda setuju?

Jadi intinya saya lagi bingung untuk menulis apa di blog ini. Sambil mengingat-ingat saat pertama kali saya memutuskan membuat blog, sampai hari ini masih bisa ngeblog. Dan saat itu juga saya teringat teman teman saya di blog. Terutama yang memacu saya hingga sampai bertahan menulis beberapa artikel.

Dan berikut beberapa orang yang saya anggap memiliki kontribusi dalam perjalanan ngeblog saya.

1. Mbak agit

Mbak agit adalah orang pertama yang berkomentar di blog saya. Beberapa hari setelah saya menulis postingan pertama. Saya tidak tau apakah tulisan saya bisa ditemukan orang lain dan ada yang baca atau tidak. Sebenarnya saat itu saya tidak tau dan tidak begitu peduli apakah tulisan saya dibaca orang lain apa nggak. Tapi memang saya akui menulis di blog kayak kurang afdol kalau tidak ada yang membaca.

Apalagi saat itu saya kurang paham bagaiana berinteraksi dengan bloger lain. Ini membuat saya agak sedikit patah semangat. Terutama jika saya mengalami kendala dalam perjalanan ngeblog suatu saat nanti. Bagaiamana saya bisa bertanya secara langsung sama bloger lain, jika suatu saat nanti saya ingin bertanya sama bloger lain terhadap masalah yang nantinya saya hadapi.

Dan semenjak mbak agit berkomentar pada postingan saya. Saya jadi tau kalau salah satu cara berinterkasi dengan bloger lain adalah melalui komentar. Sejak saat itu semakin bertambah semagat saya untuk tetap ngeblog. Terima kasih mbak agit.

Dan mbak agit ini banyak tulisannya yang menjadi acuan untuk belajar. Blognya kebanyakan berisi cerpen. Ini mengingtkan saya semasa sekolah dulu. Sebab di masa itu aku suka membuat cerpen. Dan dengan membaca tulisan mbak agit membangkitkan gairah untuk membuat cerpen lagi.

2. Abdul jalil

Abdul Jalill adalah orang berikutnya yang memberikan sumbangsih dalam perjalanan blog saya. Dia memberikan berbagai tips bagaimana tetap konsisten ngeblog. Dia juga juga yang mengajari saya cara melihat jumlah pengunjung melalui statitstik blog.

Dari penjelasan kang abdul jalil saya jadi tau berapa jumlah orang yang mengunjungi blog saya. Melihat di statistik ada sekitar 5-10 orang yang mengunjungi blog saya setiap harinya. Walaupun mungkin mereka belum tentu membaca artikel artikel yang saya tulis atau hanya sekedar berlalu. Tapi dengan melihat bahwa ada orang yang berkunjung ke blog saya jadi semakin menambah semangat saya. Bagi blog senior melihat ada 5-10 pengunjung mungkin akan sedih atau mungkin busa pingsan. Hehe tapi bagu saya itu bisa memicu semangat untuk tetap semangat ngeblog. Setidaknya blog saya ada yang mengunjungi. Hihi

Namun kang abdul jalil mengingatkan saya agar tidak terpaku dengan jumlah pengunjung. Agar tidak menjadi “penggila statistik” seperti pengalaman yang dia tulis pada aalah satu postingannya. Yang penting konsisten menulis saja dulu . Syukur-syukur tulisan itu bermanfaat bagi orang yang membaca, kalau tulisan kita berkualitas nantinya juga akan banyak pengunjung dengan sendirinya. Walaupun sampai saat ini aku belum bisa menuliskan artikel yang berkualitas dan bermanfaat. Tapi ucapan kang abdul yang sudah saya anggap sebagai nasihat, dan itu selalu saya ingat dalam pikiran. Tentunya selama saya masih punya pikiran. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Blog kang abdul jalil, berisi tentang musik seperti review lagu baru, lirik serta info lain berkaitan dengan lagu penyanyi grup band dan lain sebagainya. Kalau saya lihat utamanya beriai review tentang lagu-lagu barat. Dalam dunia blog dia bisa dibilang cukup berpengalaman. Hal ini terbukti dari jumlah pengunjung hariannya yang mencapai angka 2000 an. Senang sekali bisa mengenal kang abdul jalil

3. Slamet junianto

Lalu ada mas slamet junianto dengan blognya Buruh seo. Kebanyakan artikel blognya berisi seputar tips tips seo. Dimana seo menjadi salah satu faktor penting dalam dunia blog. Terutama bagi mereka yang ingin artikel-artikel blognya tampil di halaman pertama google, bisa langsung megunjungi blog buruh seo.

Sebenarnya di luar sana banyak bloger yang berbagi info seputar seo. Tapi karena saya tidak begitu mengenal mereka, saya lebih suka bertanya mas slamet. Sebab mas slamet ini sudah seperti teman di dunia nyata. Yaaa meski sampai saat ini saya belum paham dengan ilmu seo apalagi mempraktekannya. Setidaknya dengan membaca artikel yang dia tulis membuat saya punya gambaran tentang seo. Mengingat saya hanyalah bloger gaptek.

4. Mbak momo

Bloger satu ini tidak seperti kang Abdul Jalil dan Slamet Junianto. Sebab Mbak Momo ini berbeda dengan .mereka berdua. Mbak momo ini perempuan (kayaknya wong saya belum pernah lihat) 😁😁😁 Karena itu mbak Momo itu berbeda dengan kang Abdul Jalil dan Slamet Junianto. Hahaha

Bukan itu intinya. Itu hanya biar tulisan ini agak panjang saja hehehe. Peran mbak Momo dalam perjalanan blog saya adalah artikelnya yang kebanyakan berisi tentang tips menulis. Saya banyak belajar dari tips yang dia tulis. Dan meskipun jarang berkomunikasi seperti saling berkomentar di postingan masung-masing. Tapi saya sering ngintip blog mbak Momo ini.

5. Nur Irawan https://penadiri.com
Mas Nur Irawan hampir sama seperti mbak Momo tulisan tulisannya kebanyakan berisi tentang tips menulis. Ditambah artikel tentang islam. Dan ada juga tulisan seputar keluarga khusunya menulis pengalamannya yang memiliki peran sebagai suami dan ayah. Ada salah satu tulisan saya yang terinspirasi dari tulisan mas Nur Irawan yang bisa dibaca 7 cara menjadi ayah yang dekat dengan anak. Karena ada persamaan peran antara saya dan mas Irawan sebagai seorang ayah.

Ada satu hobi unik mas Nur Irawan yang perlu diwaspadai oleh para jomblo. Dia suka meledek jomblo. Kalau kenal dia jangan sampai di tanya kapan nikah? Hihihi

6. Fahmi isfah
Bloger satu ini juga berperan dalam perjalanan blog saya. Dalam blog Isfah Seven postingannya beberapa berisi tentang agama.

Peran dia dalam perjalanan blog saya suka memberikan kritik pada tulisan saya yang penulisannya kurang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Seperti penempatan huruf kapital yang benar bagaiamana, penggunaan kata sambung yang seharusnya dipisah atau disambung yang bagaimana.

Walau terkadang bahasa penyampaiannya dalam memberikan masukan terkesan sotoy dan sok menasihati, tapi saya suka. Setidaknya menyadarkan saya bahwa untuk maju perlu mempertimbangkan kritik.

Ini kalau kang Fahmi baca nyengir pasti hihihi pisssss kang. Ini cuma guyon saya bilang sotoy. Jangan dimasukin hati. Masukin keperut saja biar keluar sama kotoran. wkwkwkwkwkwk

Itulah beberapa bloger yang bisa saya tulis yang memiliki peran dalam perjalanan ngeblog saya. Sebenarnya masih banyak lagi tapi tidak mungkin saya tulis semua. Dan mereka yang tidak saya sebut bukan berarti tidak memiliki peran dalam perjalanan blog saya. Tapi karena keterbatasan saya. Sebab saya hanya ngeblog menggunakan hp sementaras jika saya menulis terlalu banyak hp suka ngelag dan tidak merespons saat mengetik.

Dan terima kasih buat teman-teman semua yanh sudah memberikan ilmu serta dukungan pada saya. Sehingga saya masih bisa tetap ngeblog sampai jari ini. Mohon do’anya agar saya bisa membuat artikel yang bermanfaat bagi pembaca. (Kalau ada yang mau baca) 😁😁😁😁

76 respons untuk β€˜6 Bloger Yang Berperan Dalam Perjalanan blog ini’

Add yours

  1. Yeay…mas Jalil dan mas Ir msuk trnyta. Btul bnget tu mreka…suka komentar jg mreka di blog lain; suka blogwalking, khususnya mas Jalil—–sama sprti sy yg suka blogwalking dan khusus buat blog yg sy follow psti sy usahakan utk ninggalin jjak ..

    Suka

  2. Saya terpanggil… wkwkwkπŸ˜„
    Senang bisa bermanfaat artikel saya.
    Dan rasanya setiap blogger yang menulis dg hati pasti akan menginspirasi blogger lainnya.
    Mas human juga keren artikelnya dari sudut pandang ayah. 😊

    Disukai oleh 2 orang

    1. Pas bnget mas Ir trmsuk. I setuju.

      Oya, smnjak mas Ir pke self hosted sy jd jrang blogwalking ke blognya… bgtupun sbliknya:))

      Susah sih hrs msuk ke hlman khusus, sy kan pke wp reader.

      Disukai oleh 1 orang

    1. Pas tu, stuju dirimu dipanggil… krn yg suka blogwalking dan tulisannya bgus kyak mas Jalil itu pasti rame dan asyik dijadiin temen, drpd yg sibuk nulis tp lupa blogwalking :))

      Suka

  3. Sejatinya ngeblog itu kan ga harus dapat uang dri hsil ngeblog terus semangat nulis ga juga kan?

    Dengan like, komentar yg diberikan aja itu sesuatu hal yg berarti banget dan ga bisa dinilai dngan uang..ya kan?

    Penulis2 seperti kita ini, alamaiah sukanya nulis. Dengan adanya orang yg baca dan berkomentar itu hal yg luar biasa..

    Disukai oleh 3 orang

  4. 1. Kalau dibilang senior, kayaknya bukan juga. Jadi, sama-sama belajar juga.
    2. terima kasih untuk yang “itu” hahaha
    3. iya nih, lagi jarang-jarang bw soalnya emang lagi banyak kerjaan *alesan. semoga bisa saling belajar lagi.
    4. Yup, saya perempuan, walaupun sering banget dipanggil Mas sama bloger lain. Sedih sih, seandainya mereka tahu betapa perempuannya saya. hahaha

    sekali lagi, terima kasih.

    Suka

    1. 1. Senior kan nggak harus lebih pandai dr junior wlo kenyataannya mbak momo pasti lebih dr saya tp tetap rendah hati dan tidak sombong itu yg saya suka. Klo rajin menabung apa nggak saya nggak tau heheh
      2. Yang itu sama sama πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      3. Klo saya jarang bw krna sinyal lemah lg di kampung halaman hihi
      4. Berarti saya tidak salah, walau awalnya saya semoat juga, mengita mbaak momo ini lakiΒ² hehehe

      Terima kasih sudah berkunjungπŸ™πŸ™πŸ™

      Suka

  5. Wow, ternyata ada nama saya di mention sama Mas Juman.

    Isi posting blog Ishfah Seven tidak melulu tentang agama tapi karena bulan ini Ramadhan, saya sedang post informasi yang berkaitan dengan puasa.

    Saya gak nyangka loh ternyata apa yang pernah saya komentari di blognya bisa sesikit banyak memberi perubahan. Mungkin memang terkesan sotoy kalau itu yang terbersit di benak, Mas Juman. Haha.. tapi tak apa lah. I am who i am.

    Kalau mau baca post saya yang fokus tentang latihan menulis, bisa kunjungi blog saya yang lain di Project Ishfah.

    Salam

    Suka

    1. Hehehe setiap orng punya cara tersendiri untuk menyampaikan sesuatu mas. Tergantung bagaimana orng yg menerima itu menyikapi.

      Ada sebuah hinaan yg bisa menjadi motivasi bagi seseorang, di sisi lain ada pujian yg mengantarkan kpda kehancuran.

      Bagi saya, klo ada yg mengritik pertanda saya harus bnyk berbenah. Dan saya menilai orng yg mngkritik itu sebagai orang yg peduli.

      Nanti saya coba cari mas.. Maaf saya masukan nama sampean tanpa iin dulu. Hehehe

      Suka

  6. Makasih mas sudah disebut, πŸ˜€… Jarang jarang juga sih mas kalau artikel di blog saya ada yang apresiasi, acak acak kan si.. Hehe… Sekali lagi makasih maa juman.. Ssaya juga bukan senior mas..maaih super junior.. πŸ˜€, saya hanya berbagi pengalaman ngeblog saja..

    Disukai oleh 1 orang

      1. Gak lah , itu dah bagus.. Artikel mase banyak yg komen, banyak yg nanggapi.. Ngeblogmya juga aktif.. Gak kaya aku.. Pasif.. Buruh seo adalah blogger yang sak enak e wudele dewe πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€, update konten ya sak karepe, πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

        Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: