Kirim Uang Lewat Alfamart, Alternatif Kirim Uang Selain Bank, Transfer ATM & Kantor Pos

Lucu nggak si kalau di era modern seperti saat ini masih ada orang yang tidak memiliki rekening bank dan ATM?

Bagi sebagian orang, terutama yang tinggal di daerah perkotaan akan menganggap hal itu lucu.

Tak jarang mereka tidak percaya jika masih ada orang yang tidak memiliki ATM.

Lalu bagaimana jika orang yang tidak memiliki rekening dan ATM akan mengirim uang kepada anggota keluarga teman atau saudara yang jauh?

Tidak begitu masalah jika hanya kita (sebagai pengirim) yang tidak memiliki rekening, sebab bila ingin melakukan pengiriman tinggal pergi ke bank, berikan nomor rekning penerima dan setor sejumlah uang sudah beres. Lalu bagaimana jika keduanya tidak memiliki rekening?

Alternatif lain bisa menggunakan jasa pos. Namun jasa pos memiliki kekurangan jam kerja yang hanya sampai jam empat sore, kalau tidak salah. Kekurangan lain kantor pos selalu libur di hari minggu dan hari libur nasional lainnya.

Hal itu juga tidak begitu jadi masalah jika kebutuhan tidak bersifat mendadak. Namun jika bersifat mendadak, kirim uang via kantor pos belum menjadi alternatif yang tepat.

Karena dua alasan tersebut yaitu tidak memiliki rekening dan bila ingin kirim uang lewat pos ada beberapa kendala terutama jam pelayanan yang terbatas. Saya menggunakan jasa kirim uang lewat Alfamart sebagai gantinya.

Caranya pun cukup mudah hampir sama dengan kirim uang lewat pos. Kita cukup bilang mau transfer uang via Alfamart kepada kasir atau petugas yang berjaga. Setelah itu menunjukan KTP asli, tapi di beberapa tempat ada yang meminta fotocopy. Lalu sebutkan nama lengkap penerima, tapi kadang ada yang dimintai nomor telepon penerima. Kemudian berikan uang sesuai jumlah yang akan dikirim ditambah biaya admin sebesar Rp15,000,00 untuk pengiriman dibawah satu juta.

Setelah pengiriman selesai kita akan diberi struk. Seperti struk belanja biasa yang berisi keterangan jumlah uang yang ditransfer, nama pengirim dan nama penerima beserta kode pengambilan. Kirimkan kode pengambilan tersebut kepada orang yang akan menerima/mengambil uang tersebut. Pengambilan dapat dilakukan saat itu juga setelah proses transfer selesai.

Untuk pengambilan, si penerima harus datang ke Alfamart terdekat yang sudah medukung sistem bank online. Saya rasa semua Alfamart saat ini sudah menggunakan sistem tersebut. Penerima diharuskan membawa fotocopy KTP dan menunjukan nomor pengambilan.

Lalu bilang kepada kasir atau petugas yang berjaga bahwa dia akan melakukan pengambilan uang via Alfamart ke Alfamart. Biasanya si penerima akan dimintai pertanyaan siapa nama pengirim dan jumlah nominalnya. Tunggu sampai proses selesai dan uang akan diberikan.

Begitulah kurang lebihnya cara kirim uang lewat Alfamart berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Ada beberapa kekurangan dan kelebihan kirim uang lewat Alfamart dibandingkan dengan transfer via ATM atau lewat pos.

Kelebihannya, dibandingkan dengan transfer via ATM, transfer via Alfamart baik pengirim dan penerima tidak perlu memiliki rekening atau ATM.

Sementara kekurangannya biaya admine lebih mahal yaitu sebesar Rp15,000,00 untuk nominal dibawah satu juta dibandingkan transfer via ATM yang mungkin berkisar antara lima sampai sepuluh ribu untuk nominal yang sama.

Jika dibandingkan lewat pos transfer via Alfamart menurut saya lebih unggul dari segi keduanya.

Baik kirim lewat pos maupun Alfamart si penerima dan pengirim tidal wajib punya rekening.

Dari segi biaya admine lewat Alfamart lebih murah sebab pengalama saya kirim lewat pos untuk nominal dibawah satu juta dikenakan biaya admin sebesar 27 ribu untuk yang transfer instan, sementara lewat alfa hanya 15 ribu.

Dari segi jam pelayanan apalagi. Seperti yang saya sebutkan di atas jam buka kantor pos terbatas dan masih ditambah hari libur. Sementara lewat Alfamart jam pelayanan lebih panjang, karena rata rata Alfamart buka mulai jam tujuh pagi sampai jam sepuluh malam. Bahkam di beberapa tempat ada yang buka dua puluh empat jam.

Nb: Tulisam ini dibuat atas nama pribadi bukan atas permintaan pihak tertentu. Pemaparan atas dasar pengalaman dan penilaian secara subyektif tanpa memihak dan menjelek-jelekkan.

Iklan

24 respons untuk ‘Kirim Uang Lewat Alfamart, Alternatif Kirim Uang Selain Bank, Transfer ATM & Kantor Pos

Add yours

  1. Wah, saya baru tahu kalo bisa kirim uang juga. Sebagai seorang yg belum punya rekening, aku terbantu bgt dgn minimarket yg bisa buat bayar2 online shop, beli tiket kereta pun bisa juga… 😅

    Suka

    1. Mungkin lama-lama pelanggan kantor pos cuma instansi pemerintahan (kirim mengirim surat/dokumen). Itu pun saat ini beberapa UPT/UPTD/SKPD instansi pemerintahan kirim mengirim surat/dokumennya sudah lewat jasa swasta..

      Tapi semoga aja tidak terjadi hal semacam itu..

      Disukai oleh 1 orang

      1. Iya semoga saja mas, analisa saya ada beberapa kemungkinan kantor pos tdk berkembang bgtu cpt menyesuaikan dengan keadaan jaman.
        Pertama pegawainya tdk bgtu kpikiran utk melakukan riset atau semacamnya utk mngtahui keinginan konsumen.
        Mungkin jg pgwenya brfikiran yg pnting masih kerja dan dibayar untung rugu urusan negara.
        Berbeda dgn perusahaan swasta pasti pemilik nya akan berusaha keras utk mengetahui kbtuhan pasar krna merasa itu tanggung jawab nya.

        Disukai oleh 1 orang

  2. Wah, saya baru tahu..
    Kalau saya biasanya memanfaatkan rekening ponsel untuk saling berbagi uang soalnya tak harus pakai kartu atm untuk pengambilan. Yang dibutuhkan cuma konfirmasi otp dari no hp terdaftar saat mau pengambilan uang.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: